Beranda Advetorial DISDIKBUD Kab Tasik Bidang Budaya Data Kabuyutan Situs, Juru Pelihara Dan Temuan...

DISDIKBUD Kab Tasik Bidang Budaya Data Kabuyutan Situs, Juru Pelihara Dan Temuan Kebendaan

58
0

Kab Tasik,fokuspriangan.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya yang dipimpin oleh Kepala bidang Dedi Abdulah dan Kasi Budaya Oman Kaelani beserta 4 pelaksana lainnya pada hari Kamis siang ( 01/03/2018 ) berkunjung ke Kampung Mandala Desa Margasari Kecamatan Ciawi.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil temuan warga yang disampaikan ke komunitas Tapakkaruhun salahsatunya ialah mendata kabuyutan, situs, juru pelihara dan temuan kebendaan.

Rencana kedepannya akan membangun musium di Kabupaten Tasikmalaya, sehingga dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Tasikmalaya.

Dedi menyarankan agar dapat menjaga situs, membersihkan, merawat, memelihara, serta menginventarisir tamu yang datang berkunjung. Harapannya agar dapat menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk belajar sekaligus hiburan bagi masyarakat luas, serta menjadikan tempat ini sebagai kawasan wisata situs,” ucapnya.

Kampung Mandala Desa Margasari Kecamatan Ciawi terletak di bagian wilayah utara Kabupaten Tasikmalaya yang mana daerah ini menyimpan banyak potensi alam yang masih tersimpan salah satunya peninggalan situs bersejarah yang sampai saat ini masih utuh keberadaannya di kampung tersebut.

Salah satu anggota komunitas Tapakkaruhun aptarasa
yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan peninggalan ini harus dijaga, pelihara dan dilestarikan oleh kita semua agar sadar akan pentingnya sejarah, seperti amanat galunggung, Tanhana Mangke Moal Aya Ayeuna Lamun Euweuh Baheula,” katanya

Komunitas Tapakkaruhun Aptarasa Tasikmalaya merupakan bagian cabang dari Tapakkaruhun Nusantara yang di ketuai oleh Gilang Purnama, Dera selaku seksi Kebudayaan dan Sejarah, ada juga anggota lainnya seperti Okik, Dede Yonih, Dede Komarudin ikut serta dalam mengembangkan potensi potensi yang berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya juga bertujuan untuk melestarikan sejarah dan budaya lokal sehingga masyarakat akan lebih peduli terhadap sejarah dan budaya sendiri. ( H.Amir )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here