Beranda Advetorial Setda Kab Ciamis Dan BNN Kab Ciamis Gelar Pembinaan

Setda Kab Ciamis Dan BNN Kab Ciamis Gelar Pembinaan

114
0

Kab Ciamis, fokuspriangan.com – Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis dan BNN Kabupaten Ciamis gelar pembinaan Desa/Kelurahan, acara tersebut digelar di Aula Desa Panjalu, Rabu Kemarin ( 25/04/2018 ).

Acara tersebut diikuti 120 peserta perwakilan dari perangkat Desa, BPD, pemuda Karang Taruna, Tokoh Masyarakat Lingkup Kecamatan Panjalu, Kecamatan Lumbung dan Kecamatan Sukamantri.

Kasubag Hukum dan HAM Pemda Kabupaten Ciamis Deni Hidayat SH mengatakan, program pembinaan Desa sadar hukum untuk meningkatkan wawasan hukum kepada masyarakat serta untuk mewujudkan masyarakat yang sadar hukum di bidang penyalahgunaan narkoba, kejahatan umum dan resiko pernikahan dini,” Ucapnya.

Lanjut Deni, pembinaan desa sadar hukum adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di seluruh wilayah kab ciamis, jadi untuk tahun ini wilayah Panjalu, Sukamantri dan Lumbung adalah target kegiatan hari ini,” Pungkasnya.

AKBP Yaya Satyanagara SH mengatakan, permasalahan narkoba sudah marak terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia baik di kota maupun di desa, dibutuhkan wujud nyata seluruh komponen masyarakat, bangsa dan negara Indonesia untuk bersatu guna menciptakan Indonesia Negeri Bebas Narkoba, adapun arah kebijakan dalam upaya P4GN,” Tuturnya.

Lanjut AKBP Yaya, 97,2% penduduk Indonesia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat, bangsa dan negara Indonesia dengan menumbuhkan sikap menolak narkoba dan menciptakan lingkungan bebas narkoba, 2,8% penduduk Indonesia Penyalahguna Narkoba secara bertahap mendapat layanan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial melalui rawat inap atau rawat jalan serta mencegah kekambuhan dengan program rawat jalan after care,” Ucapnya.

Pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba karena sudah menjadi amanat Undang undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dalam hal ini masyarakat mempunyai hak dan tanggungjawab dalam upaya Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat umum terhadap bahaya narkoba serta dapat menyampaikan pesan anti narkoba di lingkungannya masing masing, sehingga dapat terwujud lingkungan bebas dari penyalahgunaan narkoba serta mewujudkan kesadaran hukum masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis,” Pungkasnya. ( Tony )

*sumber BNK Ciamis*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here