Beranda Advetorial Melalui Panggung Raksa Budaya Diharapkan Dapat Meningkatkan Potensi Wisata Situ Gede

Melalui Panggung Raksa Budaya Diharapkan Dapat Meningkatkan Potensi Wisata Situ Gede

62
0

Kota Tasik, fokuspriangan.com- Komunitas Satu Arah bekerjasama dengan Komunitas Cermin pada hari Jum’at malam (11/05/2018) menggelar Panggung Raksa Budaya Situ Gede, yang mana kegiatan ini mengambil tempat di objek wisata Situ Gede yang lokasinya ada di Kecamatan Mangkubumi

Dalam acara tersebut tampak hadir Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata ( Disporabudpar) Kota Tasikmalaya H Undang Hendiana, Ketua Komunitas Cermin Ashmansyah Timutiah, Ketua Komunitas Satu Arah Wa Azim, anggota dari kedua komunitas serta masyarakat sekitar.

Saat ditemui di lokasi acara, Ketua Komunitas Cermin Ashmansyah Timutiah mengatakan kegiatan ini merupakan pagelaran perdana yang digelar di objek wisata Situ Gede dengan mendatangkan komunitas seniman dari luar Tasikmalaya.

“Hal yang melatar belakangi kami dari komunitas cermin dan komunitas dua arah menggelar perhelatan seni budaya ini adalah selain memperkenalkan seni budaya Sunda, kami juga ingin mempromosikan serta menghidupkan kembali aktifitas di objek wisata Situ Gede, memang di akui pementasan perdana ini cukup berat tantangannya, dimana masyarakat di sekitar objek wisata harus dikenalkan dengan acara ini,” tuturnya.

Acong panggilan akrab Ashmansyah menambahkan dirinya berharap agar kegiatan ini dapat secara rutin satu bulan sekali diadakan panggung raksa budaya, yang mana tidak saja panggung raksa budaya saja, kami disini bercita-cita di Situ Gede ini akan dibangun sebuah saung dimana nantinya masyarakat sekitar Situ Gede,anak-anaknya dapat mempelajari berbagai seni, seperti tari, teater, karawitan dan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya mengatakan atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Panggung Raksa Budaya ini, penyelenggaraan acara ini merupakan suatu bagian ajang publikasi dan daya tarik untuk objek wisata Situ Gede.

“Kami dari Pemerintah Kota Tasikmalaya akan senantiasa mendorong para seniman san budayawan melakukan aktifitas seninya, diharapkan kegiatan ini dapat secara rutin dilaksanakan,” Ucapnya.

Lanjut H Undang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan sebuah objek wisata diantaranya aksesibilitas, (akses jalan) amenitas (sarana dan prasarana) dan yang terakhir atraksi ( pertunjukan).

“Memang diakui objek wisata yang ada minim akan atraksi, karena objek wisata akan lebih menarik apabila ada suatu atraksi yang ditampilkan, diharapkan dengan adanya penampilan panggung raksa budaya ini diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran serta sharing seniman dan budayawan Kota Tasikmalaya dengan seniman di luar Kota Tasikmalaya,’ harap H Undang.

Dalam panggung raksa budaya ini ditampilkan berbagai atraksi seni diantaranya musik karinding, pembacaan puisi oleh Bunyamin Fasya dari Bandung, Nina Minareli dari Tasikmalaya, dan diakhiri dengan penampilan seorang musisi balada yakni Ferry Curtis.
( H.Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here