Kegiatan Pendataan PMKS Digelar Kelurahan Mangkubumi

KOTA TASIK, fokuspriangan.com-Data merupakan sebuah dasar yang amat penting bagi Pemerintah untuk menentukan sebuah kebijakan, sehingga Pemerintah dapat terus berupaya untuk melakukan pembaharuan data secara berkala.

Mengambil tempat di Aula Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi pada hari Kamis (08/11/2018) Dinas Sosial Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Tahun 2018.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Hidayatulloh Anshori S.Sos mengatakan Musyawarah Kelurahan (Muskel) tahun 2018 diadakan di 10 Kecamatan, 69 Kelurahan,untuk peserta yang mengikuti Muskel ini aparat Kelurahan, para Ketua RW dan Ketua RT dimasing-masing Kelurahannya.

” Kegiatan Musyawarah Kelurahan ini mempunyai tujuan untuk memverifikasi dan memvalidasi data Basis Data Terpadu ( BDT) yang datang dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Basis Data Terpadu untuk Kota Tasikmalaya dari Kementerian Sosial mendapatkan Kuota sebesar 49.617. Memang, selama ini banyak masyarakat yang komplain, karena banyak yang tidak sesuai dengan sasaran. Untuk mengantisipasi hak tersebut, Dinas Sosial mencoba memverikasi dan memvalidasi data yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Sosial. Data yang diterima Kementerian Sosial hasil rujukan dari BPS pada tahun 2011, karena rentang waktu yang sudah 7 tahun dan belum ada pembaharuan data, oleh karenanya Dinas Sosial mengadakan Muskel yang akan melibatkan langsung para RT dan RW yang lebih tahu sosial ekonomi masyarakatnya,” katanya.

Di tempat terpisah, Lurah Kelurahan Mangkubumi Erik Nurbani S.Stp menuturkan ke fokuspriangan.com pihaknya sangat mendukung sekali terkait dengan program yang diusung oleh Dinas Sosial dalam hal untuk mengentaskan kemiskinan atau permasalahan kesenjangan dimasyarakat.

“Pihak Kelurahan hanya sebagai fasilitator saja dengan mitra kerja dari RT dan RW sebagai penguat atau pengusul data-data yang memang dikhawatirkan tidak terakomodir oleh program-program yang lain. Mudah-mudahan dengan program yang dicanangkan Dinas Sosial masyarakat yang ada di Kelurahan Mangkubumi dapat terakomodir dan memeratakan pertumbuhan ekonomi, pembangunan khususnya di wilayah Kelurahan Mangkubumi,” tandasnya.

Jurnalis. : H Amir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *