Beredarnya Kabar Kartu Nikah, Ini Yang Dikatakan Kepala Kemenag Ciamis

KAB CIAMIS, fokuspriangan.com – Beredarnya kabar peluncuran Kartu Nikah sebagai pengganti buku nikah yang dikeluarkan oleh Mentri Agama, menurut Kabar yang dilansir dari beberapa media, Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah melakukan launching peluncuran kartu nikah pada 8 November 2018.

Seperti yang dilansir media Tempo.co dan Okezone news, menurut Lukman Hakim, keberadaan kartu nikah merupakan inovasi untuk pencatatan kependudukan sipil, terutama dari unsur riwayat pernikahan, kartu nikah yang baru diluncurkan tidak akan menghapus buku nikah,” Katanya.

Data yang ada dalam kartu nikah dapat diakses pada aplikasi Simkah Web, Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan administrasi nikah dan rujuk pada Kantor Urusan Agama (KUA) dengan dukungan validitas data yang terintegrasi dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Dukcapil.

Menanggapi beredarnya kabar tersebut, Kemenag Kabupaten Ciamis saat ini belum mendapatkan informasi dari Mentri Agama, secara teknis saat ini belum ada petunjuk dan tahapan sosialisasi,” Kata Kepala Kemenag Kabupaten Ciamis H Agus Abdul Kholik, Rabu (14/11/2018).

Menurut H Agus Abdul Kholik, secara teknis kami belum mengetahui keunggulannya seperti apa, namun sementara kelebihannya mungkin bisa ringan dibawa kemana mana, saya tidak bisa mengatakan lebih jauh keunggulannya seperti apa, karena belum ada tembusan mengenai hal tersebut” Ucapnya.

Jurnalis : Tony Z

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *