Beranda Advetorial Maraknya Penyalahgunaan Anggaran, Karang Taruna Punya Peran Kontrol Sosial

Maraknya Penyalahgunaan Anggaran, Karang Taruna Punya Peran Kontrol Sosial

93
0

KAB,TASIK, fokuspriangan.com –
Berawal dari Banyaknya contoh di Kabupaten Tasikmalaya sudah bayaknya kepala-kepala desa yang di panggil oleh penegak hukum karena maraknya penyalahgunaan dana ,” Anggaran ” apa kurang nya kontrol dari masyarakat,” ungkap Luthfi Hizba Rusydia S.T, M.S.c, wakil ketua 1 karang taruna Kabupaten Tasikmalaya, Devisi bidang Koordinator Keorganisasia dan Peningkatan SDM. Usai acara pembinaan kepemudaan desa Nusawangi kecamatan Cisayong sabtu (24/11/2018).

Makanya karang taruna yang lebih muda, analisanya lebih kuat, harus bisa menjadi kontrol salah satunya budgeting, jangankan setingkat karang taruna masyarakat pun juga wajib mengawasi anggaran yang masuk ke desa, karena di dalam undang- undang ada,”tegasnya.

Lanjut Luthfi justru kalau ada Desa yang tertutup tidak transparan seperti itu, kita harus lebih exstra karena ketika masyarakat bertanya dan pihak desa tidak Transparan, dan lebih jauhnya sampai mengusir itu yang akan menjadi pidana dan ada dalam undang-undangnya. Jadi yang harus mengawasi dimulai dari tingkat masyarakat, ketika masyarakat cuma tidur dalam arti tidak pernah mau tahu dan apatis terhadap pembangunan desa, ya otomatis bayaknya penyelewangan, kita jangan takut, khususnya kepada Karangtaruna kita harus terus kawal dengan lebih santun dan transparansi untuk masyarakat,” Tuturnya.

Jurnalis:Anton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here