Dengan Gema Cermat, Masyarakat Lebih Memahami Dalam Menggunakan Obat

KOTA TASIK, Fokuspriangan.com – Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya pada hari Rabu (5/12/2018) menggelar pencanangan Gema Cermat untuk tingkat Kota Tasikmalaya disalah satu hotel di Kota Tasikmalaya

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) adalah suatu program unggulan Kementerian Kesehatan Ri yang sejak tahun 2015 lalu yang pencanangannya pertama kali dilakukan oleh Menteri Kesehatan.

Dra Dettie Yulianti,APT, MS selaku Direktur Pelayanan Kefarmasian Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI mengatakan Gema Cermat adalah upaya bersama dari Pemerintah untuk memberdayakan masyarakat agar lebih cerdas dalam menggunakan obat.

“Tujuan dari Gema Cermat itu sendiri diantaranya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam hal memilih, menggunakan, menyimpan, dan memusnahkan obat secara tepat dan benar. Pada acara ini pun dimaksudkan agar peran dari seorang Apoteker sebagai Agent Of Change dapat optimal,” ucapnya.

Lanjut Dettie, Dalam berbagai kesempatan, dalam program Gema Cermat memang banyak sekali apoteker yang dipilih menjadi Agent Of Change (AOC).

“Penentuan untuk menjadi seorang Agent Of Change ini harus dilakukan dengan dasar yang jelas, harus memiliki beberapa kriteria yang sudah disyaratkan. Selain dinilai memiliki komitmen dan kenampuan untuk mempengaruhi kelompok masyarakat, juga harus memiliki beberapa kriteria dimana seorang apoteker itu diprioritaskan memiliki apotik sendiri, sering melakukan kegiatan penyuluhan atau promosi kesehatan, mampu berkomunikasi dengan baik, serta memiliki program inovatif,” paparnya.

Sementara, Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat diwawancara sangat mengapresiasi serta memberi dukungan penuh kepada kegiatan Gema Cermat yang diinisiasi Kementerian Kesehatan RI.

“Kegiatan Gema Cermat ini juga harus didukung oleh semua pihak artinya kita ingin bagaimana meningkatkan kualitas, derajat kesadaran kesehatan masyarakat Kota Tasikmalaya, dimana mereka sudah mulai paham tentang penggunaan obat. Dengan adanya program Gema Cermat, masyarakat paham akan cara-cara penggunaan, penyimpanan, pengaturan obat yang baik, bagaimana mengkonsumsi makanan yang baik dan soal konsultasi,” pungkasnya.

Jurnalis : H Amir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *