Para Penyandang Disabilitas Kecewa, Di Hari Disabilitas Internasional, Pihak Pemkot Tasik Tidak Ada Yang Hadir

KOTA TASIK, Fokuspriangan.com – Para penyandang Disabilitas merupakan salah satu kelompok yang amat rentan menghadapi diskriminasi dalam akses pendidikan, pelatihan keterampilan dan ketenagakerjaan di Indonesia.

Asumsi dan menjadi label yang ada saat ini bahwa penyandang disabilitas itu patut dikasihani dan seseorang yang terkucilkan.

Namun untuk menghilangkan segala persepsi miring penyandang Disabilitas, Dinas Sosial Kota Tasikmalaya bersama Rehabilitas Bersumber daya Manusia (RBM) Kota Tasikmalaya pada hari Kamis (6/12/2018) bertempat di GOR Sukapura Komplek Dadaha Kota Tasikmalaya menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Ketua RBM Kota Tasikmalaya Ir Waryono mengatakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional jatuh pada tanggal 03 Desember, dimana peringatan Hari Disabilitas Internasional pertama kali di canangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 3 Desember 1992 yang mana peringatan ini didasarkan pada Resolusi Majelis Umum PBB.

“Peringatan Hari Disabilitas ini memiliki tujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas. Memang untuk Kota Tasikmalaya Peringatan Hari Disabilitas ini baru diadakan pada tanggal 6/12, karena pada tanggal 3/12 banyak sekali kegiatan yang tidak dapat kami tinggalkan,” jelasnya.

Peringatan HDI tahun 2018 ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di Kota Tasikmalaya, tambah Waryono.

“Kegiatan ini kami gelar secara sederhana hanya kegiatan jalan sehat, penampilan seni dari kaum disabilitas, testimoni dari orang tua dan penyandang disabilitas yang sudah mendapat binaan oleh Dinas Sosial serta pada kesempatan ini pun kami mengadakan layanan terapi untuk 150 anak disabilitas,” tandasnya.

Memang terpantau oleh fokuspriangan.com pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Kota Tasikmalaya terlihat meriah. Namun sangat disayangkan sekali kemeriahan tersebut, tersirat wajah kekecewaan yang mendalam dari para penyandang disabilitas,, hal ini dikarenakan pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya tidak ada seorang pun yang menghadiri peringatan ini.

Jurnalis : H Amir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *