Beranda Advetorial Peredaran Ekstasi Baru Jenis Yaba berhasil Di Gagalkan Oleh BNNK Ciamis

Peredaran Ekstasi Baru Jenis Yaba berhasil Di Gagalkan Oleh BNNK Ciamis

49
0

KAB CIAMIS, fokuspriangan.com – BNNK Ciamis berhasil mengungkap 25 Kasus peredaran gelap Narkotika di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, hal tersebut dijelaskan oleh Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanegara SH di Kantor BNNK Ciamis, Senin (31/12/2018).

Adapun jenis kasus yang telah diungkap BNNK Ciamis yaitu Narkotika jenis Shabu 9 kasus, jenis Ganja 4 kasus, Shabu dan Ganja 3 kasus, Narkotika jenis Methamphetamin pil jenis YABA 1 kasus dan obat terlarang jenis Psikotropika sebanyak 8 kasus,” Ucap Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyenagara SH.

“Dengan jumlah terperiksa 65 orang yang terdiri dari 62 laki laki dan 3 orang perempuan serta 4 orang lainnya usia dibawah umur, penanganan dan penindakan BNNK Ciamis dinilai telah melebihi target yang telah ditentukan oleh pusat.

AKBP Yaya Satyanegara SH juga mengungkapkan bahwa selama proses penindakan, jaringan peredaran gelap Narkotika jenis baru yang paling menarik dan berhasil ditangani oleh BNNK Ciamis yaitu Ekstasi baru jenis YABA, Ekstasi baru jenis Yaba ini terungkap dari tersangka D warga Kota Bandung yang ditangkap sedang melakukan pestanya di Kabupaten Pangandaran,” Tutur Yaya.

AKBP Yaya juga menjelaskan, dari tangan tersangka, BNNK Ciamis berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 100 Butir YABA, tersangka juga merupakan jaringan Narkotika Provinsi Jabar, untuk pengembangan lebih lanjut, tersangka D dilimpahkan ke BNNP Jawa Barat,” Jelasnya.

Narkotika jenis YABA ini tidak bisa diperiksa oleh Test Urine, namun ketika diperiksa oleh Labolatorium, dia akan memperlihatkan Zat Methamphetamin, Narkotika jenis ini sangat berbahaya,” Kata AKBP Yaya.

Dari hasil asessment dari penyalahguna Narkotika yang telah diamankan BNNK Ciamis untuk mengikuti Rehabilitasi di RSUD dan Puskesmas sebanyak 19 orang, rawat inap di Yayasan sebanyak 9 orang dan wajib lapor sebanyak 33 orang,” Ujar Yaya.

AKBP Yaya juga menuturkan, dalam usaha meningkatkan sinergitas dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNNK Ciamis telah berupaya meningkatkan Koordinasi dan kerjasama dengan Instasi terkait serta melakukan atensi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) melalui Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba (Bangwawan) tingkat SD, SMP, Kelompok Masyarakat hingga dibentuknya Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar),” Tuturnya.

Mengatasi peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba adalah tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat harus bersinergi menyatukan kekuatan untuk menghadapi penyalahgunaan peredaran Gelap Narkoba, melalui berbagai upaya P4GN, BNNK Ciamis berharap dapat membebaskan masyarakat dari kondisi darurat Narkoba sehingga terwujud Kabupaten Ciamis yang bersih dari Narkoba,” Pungkasnya.

Jurnalis : Tony Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here