Beranda Advetorial Kini Telah Hadir… Kereta Api Pangandaran Yang Melayani Jakarta – Bandung –...

Kini Telah Hadir… Kereta Api Pangandaran Yang Melayani Jakarta – Bandung – Banjar

195
0

KOTA BANJAR, Fokuspriangan.com – Bertempat di Stasiun Banjar Jawa Barat, pada hari Rabu (2/1/2019) dilaksanakan peluncuran perdana Kereta Api yang diberi nama “Pangandaran” oleh Direktur Utama PT KAI Edi Dukmoro. Hal ini bertujuan untuk melayani masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi Kereta Api dengan relasi Jakarta – Bandung – Banjar.

Pada saat peluncuran perdana turut disaksikan pula oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Anggota Dewan Komisaris PT KAI, Walikota Banjar, Bupati Pangandaran, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat, Kepala Dishub Provinsi Jawa Barat, Polda Jabar, Dandim 0613 Ciamis serta tamu undangan lainnya.

Satu rangkaian Kereta Api Pangandaran terdiri dari 4 unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium, dengan kapasitas tempat duduk sejumlah 520 buah.

Kereta Api Pangandaran ini yang melayani Jakarta – Banjar sepanjang 328,8 km akan memakan waktu selama 8 jam, untuk Bandung-Banjar dengan jarak 155,8 km ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam 30 menit.

Adapun nama “Pangandaran ” untuk Kereta api ini diambil dari nama tempat wisata yang berbatasan dengan Banjar. Untuk tempat wisata yang ada di Pangandaran memang sudah dikenal baik turis mancanegara maupun turis domestik, seperti Pantai Pangandaran, Cagar Alam, Pantai Batu Karas, dan lain-lain.

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum saat sambutannya mengatakan dengan diluncurkan Kereta Api Pangandaran, ini merupakan hadiah tahun baru bagi masyarakat.

“Saya bersama Gubernur Jawa Barat Kang Emil dalam rangka Jabar Juara lahir batin mempunyai rancangan untuk memperbaiki transportasi kereta api. Dengan menggunakan kereta api, selain harganya terjangkau juga menjadi moda transportasi massal yang terhindar dari macet, nyaman selama perjalanan dan disiplin waktu tentunya,” katanya.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta masyarakat Jawa Barat yang telah memberikan dukungan sehingga kami bisa meluncurkan kereta api Pangandaran ini.

“Dengan diluncurkannya Kereta Apu Pangandaran ini merupakan salah satu bentuk dukungan pihak PT KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia Pesona Indonesia (WIPI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung yang ingin ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” tandas Edi Sukmoro.

Jurnalis : H Amir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here