Beranda Advetorial Siswa SMPN 2 Ciawi Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua OSIS Secara Langsung

Siswa SMPN 2 Ciawi Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua OSIS Secara Langsung

150
0

KAB TASIK, fokuspriangan.com – Pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 2 Ciawi Kab Tasikmalaya menjadi ajang siswa belajar berdemokrasi. Proses pemilihan ketua OSIS dikemas mirip dengan pemilihan umum (Pemilu).

Sejumlah siswa terlihat antre di tempat pemungutan suara (TPS) di halaman depan SMPN 2 Ciawi Kab Tasikmalaya, Kamis (03/01/2019).

Para siswa hendak menyalurkan suara dalam pemilihan ketua OSIS di sekolah itu. Layakanya, pemilu para siswa menunggu giliran untuk mencoblos calon ketua OSIS pilihannya. Ada yang unik dalam pemilihan ketua OSIS tersebut para siswa siswi memakai baju adat daerah.

Ari Hajiri S.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMPN 2 Ciawi mengatakan dimana
seminggu sebelum pemungutan suara para calon diberi kesempatan melakukan debat dan orasi di depan teman-temannya. Dan para calon juga diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi di depan kakak kelas maupun adik kelas mereka,”Kata Ari

Lanjut Ari Hajiri di tahun 2019 jumlah calon ketua Osis  ada 2 orang dan wakilnya calonnya ada 2 dari kls 8, dan nama calon ketua dan wakilnya untuk nomer 1, Milda Nurisma dan M.Ginan Muharam, sedangkan untuk Nomer 2, Asep Sidik N dan Dina Mardiana, dengan jumlah hak pilih 538 siswa, dan sebelum pelaksanaan pemilihan para kandidat calon ketua Osis ada peyeleksian terlebih dahulu, diantaranya kempuan berbicara, leadership kepemimpinan dari LDK pertama,”ujarnya.

Tujuan digelar pemilihan OSIS ini secara demokrasi, untuk mengenalkan sistem demokrasi, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin, yang dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan menganal sistem demokrasi langsung dan dapat menggunakan hak- hak suaranya dalam menentukan pemimpin, dalam Ketua OSIS,”ungkapnya.

Dari 2 peserta calon ketua OSIS SMPN 2 Ciawi yang berhasil terpilih menjadi ketua OSIS SMPN 2 Ciawi untuk masa bhakti 2019- 2020 yaitu Milda Nurisma Abdah dan wakilnya Muhamad Gina Muharam, dengan memperoleh suara 415,”ungkapnya.

Diharapkan ke pengurusan Osis yang baru terbentuk, agar bisa maksimalkan apa yang mereka sampai kan pada program- programnya kemudian bisa lebih baik lagi kedepanya,”pungkasnya.

Jurnalis:Anton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here