Beranda Advetorial PC IGRA Mangkubumi Mengadakan Workshop Penilaian Pembelajaran Bagi Guru RA

PC IGRA Mangkubumi Mengadakan Workshop Penilaian Pembelajaran Bagi Guru RA

133
0

KOTA TASIK, fokuspriangan.com – Dengan mengusung tema “Kreatif Melaksanakan Proses Pembelajaran dan Penilaian, pada hari Selasa (08/01/2019) Pengurus Cabang (PC) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Mangkubumi yang bekerjasama dengan Kelompok Kerja Pengawas Kementrian Agama Kota Tasikmalaya, mengadakan Workshop yang ditujukan bagi para pengajar RA dan mengambil tempat di Gedung Dakwah Islamiyah (GDI) Kota Tasikmalaya.

Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 – pukul 16.00 WIB, Untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar 138 orang yang terbagi menjadi dua Kecamatan yakni Mangkubumi mengutus 73 Guru dan Kecamatan Indihiang mengutus 65 Guru.

Hadir pada acara tersebut Kasi Penmad Kemenag Kota Tasikmalaya Bapak Drs. H. Dadang Toha Muslim, M.Si. yang dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi atas kegiatan workshop ini, manfaatkan momentum kegiatan ini untuk penerimaan ilmu supaya meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi guru yang professional.

Ketua PC IGRA Mangkubumi Syamsul Bahri mengatakan pada kegiatan workshop kali ini para peserta akan mendapatkan pengajaran dari dua orang pemateri yaitu Asep Marpudin, M.Pd.I selaku Pengawas RA Wilayah Kecamatan Mangkubumi dan Irfan Fauzi Rachmat, Dosen tetap PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para Guru RA se-Kecamatan Mangkubumi yang telah begitu antusias memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, tak lupa ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Marpudin, M.Pd.I yang telah memfasilitasi kegiatan ini, kami berharap melalui kegiatan workshop ini mutu pendidikan dapat lebih meningkat dan menjadi seorang guru yang profesional sesuai dengan standar pendidikan,” tandasnya.

Dalam pemaparannya Asep Marpudin, M.Pd.I selaku Pemateri pertama menyampaikan bahwa pelaksanaan mendidik, membina, mengasuh dan mengajar seringkali kita merasa telah melakukan segalanya, tapi hasil belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu kita harus sering berlatih taktik dan strategi supaya menjadi guru yang professional.

Untuk pemateri yang ke-dua Irfan Fauzi Rachmat Dosen tetap PG-PAUD Universitas Muhamadiyah Cirebon menyampaikan Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Penilaian PAUD dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.

Jurnalis : H Amir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here