Beranda Advetorial LPLHI Geruduk Kantor BPSDA Terkait Penebangan Pohon Trambesi di Situgede

LPLHI Geruduk Kantor BPSDA Terkait Penebangan Pohon Trambesi di Situgede

158
0

KOTA TASIK, fokuspriangan.com – Terkait dugaan adanya penebangan pohon yang berlokasi di Objek Wisata Situgede menuai reaksi dari Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI).

Menyikapi hal tersebut pada hari Rabu (9/1/2019) Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia mendatangi Kantor Balai Pengelolaan Sumber Daya Air ( BPSDA) Wilayah Sungai Ciwulan-Cilaki Jakan Perintis Kemerdekaan Kota Tasikmalaya untuk beraudiensi akan hal ini.

Adapun yang hadir pada audiensi ini diantaranya Diki Ahmad Sidik, ST.,MP (Kepala BPSDA Ciwulan-Cilaki), Andria (Kasi Irigasi), Isom Saepudin (Kepala Sub Bagian Tata Usaha), Mugni Anwari (DPP LPLHI-KLHI), Ust. Encep (Penasehat LPLHI-KLHI), Asep Devo (Ketua DPW LPLHI-KLHI), Kapolsek Kawalu, Kapolsek Cihideung, Kapolsek Mangkubumi dan peserta aksi lainnya.

Ketua DPD LPLHI Kota Tasikmalaya Asep Devo menuturkan pihaknya mendatangi Kantor BPSDA ini untuk mengingatkan kembali bahwa menebang pohon di kawasan Ruang Terbuka Hijau tanpa izin itu merupakan perbuatan yang dapat dipidanakan, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Oleh karenanya kami bersama sekitar 30 orang mendatangi kantor BPSDA ini untuk mempertanyakan izin penebangan dua buah pohon trambesi yang tingginya 8 meter,” katanya.

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (BPSDA) Wilayah Sungai Ciwulan Cilaki, Diki Ahmad Sidik usai menerima audiensi Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) mengatakan bahwa berkaitan dengan perijinan sebenarnya bukan wewenang pihaknya.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terkait siapa yang menebang pohon tersebut, karena sampai saat ini pihak kami tidak mengeluarkan apapun tentang izin di Situgede, kami akui itu merupakan kelalaian petugas kami yang terlalu fokus hanya ke masalah pengairannya saja namun soal pohon tidak terawasi. Dalam hal ini kami akan mengkoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertamanan Kota Tasikmalaya,” tandasnya.

Jurnalis : H Amir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here