Beranda Advetorial Lagi Lagi 12 Orang Penghuni Lapas Terindikasi Positif Mengandung Methampetamin

Lagi Lagi 12 Orang Penghuni Lapas Terindikasi Positif Mengandung Methampetamin

73
0

KOTA BANJAR, fokuspriangan.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis gandeng satuan Narkoba Polres Banjar gelar Razia Narkoba Di Lapar Kelas IIIA Banjar jawa Barat, Kamis (07/02/2019).

Sebanyak 15 Personil BNN dan 10 Anggota Satuan Narkona Polres Banjar diturunkan dalam rajia tersebut, Satnarkoba dan BNNK Ciamis menggeledah satu persatu Kamar di Lapas Banjar dan di bantu petugas jaga di Lapas Tersebut.

Kepala BNN AKBP Yaya Satyanagara SH yang didampingi Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Usep Supiyan usai razia mengatakan, tujuan pengecekan dari BNN tersebut yakni untuk membersihkan Narkoba dilingkungan Lapas, karena sejauh ini belum ada lingkungan Lapas yang benar benar bersih dari Narkoba,” Ucapnya.

“BNN berusaha ingin mewujudkan lapas yang ada di wilayah masing masing itu bisa bersih dan steril dari penyalahgunaan dan pengedaran Narkoba”,Tegasnya

Menurutnya, BNN sejauh ini sudah memaksimalkan tugas untuk menekan angka peredaran narkoba.

“Diluar lapas, kita berusaha menangkap pecandu Narkoba untuk di rehabilitasi, pengedar dan bahkan sampai dengan kurir kita berhentikan dan kita lacak darimana sumbernya dan ujung-ujungnya ada dalam lapas”, Imbuh Yaya.

Yaya menjelaskan, agenda BNN saat ini melaksanakan pengecekan di semua blok dari mulai Blok khusus Narkoba sampai blok yang sudah mendekati masa keluar.

“hal itu dilakukan, karena BNN tidak menyimpan kepercayaan bahwasanya blok itu sudah bersih, Makanya kita cek semua blok dan setelah dilakukan tes urine, ditemukan ada beberapa warga binaan yang positif”, Jelasnya

Dari 38 Orang WBP yang diperiksa tes urine dengan menggunakan Rapid Tes Urin merk SENSOR, DIAGNOS dan MULTI DRUG yang semuanya memiliki 5 (lima) parameter terdapat 12 orang yang terindikasi positif mengandung Methampetamin,” Ucap Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanegara SH.

Adapun yang patut diduga menggunakan Narkotika jenis Shabu, 3 buah Korek api gas modifikasi yang diduga sebagai bagian dari perangakat peralatan alat hisap sabu dan 1 buah bagian pecahan kaca yang diduga bagian dari pipet kaca atau cangklong, yang diduga sebagai bagian dari perangkat peralatan alat hisap sabu, semua Barang dan benda tersebut disita dan diamankan oleh pihak Petugas Lapas Kelas IIIA Kota Banjar,” Katanya.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIIA Kota Banjar, Agus wahyono mengatakan Kegiatan seperti ini merupakan program dari lapas, dan memang lapas sedang mencanangkan program bersih bersih dalam lapas,” Ucapnya.

“Kita Bersama BNN terus berperang melawan Narkoba, dan juga membersihkan lapas dari barang barang yang dilarang.

Agus Mengaku, pihaknya bersama BNN sedang mewacanakan Lapas III Banjar menjadi lapas Bersinar (bersih dari Narkoba) dan juga menjadikan lapas Kelas III Banjar menjadi lapas percontohan dipriangan Timur.

Saya berharap, Lapas kelas IIIA Kota Banjar bisa menjadi Lapas percontohan diwilayah Priangan Timur dengan menjadi lapas Bersinar (bersih dari narkoba)”, Pungkasnya

Jurnalis : Tony Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here