Beranda Advetorial KPUD Ciamis Gelar Bimtek Pemantapan Pemungutan Dan Perhitungan Serta Rekapitulasi Dengan Aplikasi...

KPUD Ciamis Gelar Bimtek Pemantapan Pemungutan Dan Perhitungan Serta Rekapitulasi Dengan Aplikasi Situng

69
0

KAB CIAMIS, fokuspriangan.com – Bimbingan Teknis pemantapan pemungutan dan perhitungan serta rekapitulasi suara dan penggunaan Apilkasi Situng Pemilu 2019 berlangsung disalah satu Hotel di Kota Tasik, Sabtu (13/04/19).

Menurut Ketua KPUD Ciamis, Agus Fatah Hidayat menyampaikan bahwa Bimtek ini lebih membahas teknis dalam pemungutan dan perhitungan sampai akhir direkapitulasi ditingkat PPK melalui Aplikasi,” Ucapnya.

Dengan Aplikasi Situng Pemilu 2019 bisa mendeteksi perhitungan sampai akhir rekapitulasi dengan benar, sehingga ketika ada yang salah dalam menginput data, didalam aplikasi akan terdeteksi dengan menunjukan warna merah, sehingga bisa terkoreksi, oleh sebab itu Aplikasi Situng dapat mempercepat perhitungan dengan data yang valid” Tutur Agus.

Sementara Komisioner KPUD Ciamis Bidang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Oong Ramdani menyampaikan bahwa sistem Aplikasi Situng langsung terhubung ke server Kantor KPU RI, sehingga perolehan suara dan data berbasis TPS bisa langsung terhubung,” Katanya.

Menurutnya, Aplikasi Situng ini sudah dilakukan uji coba pada Bimtek selama 2 hari ini, maka dipastikan sangat membantuk PPK dalam proses rekapitulasi ditingkat kecamatan,” Tutur Oong.

Oong menerangkan, aplikasi Situng ini juga bagian dari kontrol untuk mengawal suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), PPK hingga ke KPU untuk penghitungan resmi dalam rapat pleno yang berjenjang,” Katanya.

Oong juga menjelaskan, Aplikasi Situng ini bukan untuk mengsahkan perolehan suara, namun tetap yang mengsahkan perolehan suara tersebut dengan data manual, dari C1 yang berjenjang mulai dari TPS, PPK, KPUD hingga ke KPU RI, oleh sebab itu aplikasi situng hanya sebagai alat bantu saja untuk lebih cepat dan efisien,” Jelasnya.

Maka dari itu dengan adanya aplikasi situng menjadi salah satu faktor untuk mengontrol perolehan suara ketika ada di TPS, sehingga dengan adanya metode aplikasi situng ini bisa mempercepat proses rekapitulasi dari TPS ke KPU,” Pungkasnya.

Jurnalis : Tony Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here