Beranda Fokus Jakarta Kelurahan Cipinang Besar Selatan Gelar Sosialisasi Kadarkum

Kelurahan Cipinang Besar Selatan Gelar Sosialisasi Kadarkum

59
0

FOKUS JAKARTA. (Fp) – Kelurahan Cipinang Besar Selatan Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur, gelar Sosialisasi tentang Kadarkum bertempat di Aula Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Rabu (09/10/19).

Acara tersebut di hadiri oleh, Ibu Walikota Jakarta Timur Diah Anwar, Lurah Cipinang Besar Selatan, ketua PKK kecamatan Jatinegara berserta Staff, Ketua LMK berserta anggota, Ketua Rw se-Cipinang Besar Selatan, perwakilan Rt, Ketua PKK kelurahan dan anggota, karang taruna serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dengan mengambil Tema” Melalui pembinaan kelompok kadarkum kita tingkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hukum menuju Jakarta yang maju kotanya bahagia warganya”.

Sebagai narasumber Ibu Walikota Jakarta Timur “Diah Anwar, Sekaligus sebagai biro hukum.

Ia mengatakan, sosialisasi Kadarkum merupakan bentuk penyuluhan hukum yang persuasif, edukatif dan komunikatif agar masyarakat dapat terlibat secara aktif.

Sosialisasi Kadarkum juga diharapkan dapat menghidupkan lagi keluarga sadar hukum sehingga perilaku kehidupan bersosialisasi sesuai dengan norma dan aturan yang diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Berbicara hukum didalamnya mengandung norma dan aturan, yakni bagaimana mengatur orang hidup tertib, tenteram dan rukun, jika melanggar norma yang berlaku, maka tentunya akan ada sanksi hukum yakni berhadapan dengan aparat penegak hukum, hal ini tentunya tidak kita harapkan terjadi,” kata Diah Anwar.

Diah Anwar, menyatakan, penyuluhan hukum ini merupakan edukasi bagi masyarakat untuk memahami produk hukum sebagai sebuah payung hukum dalam berperilaku di tengah keluarga dan masyarakat.

Lanjut Diah, yang mana kegiatan ini kegiatan rutin kunjungan kelompok Kadarkum yang kita lakukan di 267 kelurahan yang ada di DKI yang ada di wilayah kota dan satu di Kabupaten, jadi kita melakukan ini bertahap dan telah berjalan dari tahun 2018 sampai 2019 ini, dan mungkin kedepannya lagi akan ada, dan ini adalah program gubernur, supaya terkait pendampingan dengan masalah hukum kepada masyarakat, supaya kedepannya warga itu bisa melakukan mawas kepada diri nya masing masing,”ujarnya.

Sosialisasi Kadarkum ini diharapkan untuk menambah pemahaman tentang hukum bagi masyarakat. Khususnya masyarakat Kelurahan Cipinang Besar Selatan sehingga tidak ada lagi kesalah fahaman di tengah-tengah masyarakat.

” Kita berharap melalui sosialisasi ini, kita dapat menghidupkan lagi keluarga sadar hukum yang dimulai dari lingkungan tempat tinggal, kelurahan, kecamatan dan jenjang lainnya,” kata Diah.

Ia menambahkan, hasil dari sosialisasi Kadarkum terjadinya peningkatan pengetahuan dan pemahaman sadar hukum bagi masyarakat, agar lebih tertib dalam kehidupan serta menaati setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu meningkatkan pengetahuan HAM setiap orang dan terciptanya ketenteraman dan ketertiban masyarakat,”pungkasnya.

Jurnalis : Nur Azizah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here