Ekonomi dan Bisnis Fokus Kab Tasik Pariwisata Pemerintahan Sosial

Nandang Nur Fajar, Berharap Kampung Hijau Cikapol ini Menjadi Tujuan Kunjungan Dalam Bidang Wisata Agro

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Kampung Cikapol terletak paling timur dalam wilayah desa Rajamandala, dengan jumlah penduduk 1.012 jiwa tersiri dari 272 KK dibagi dalam tiga ke RT an, mayoritas penduduknya sebagian besar adalah petani. Bentangan alam cikapol 60% nya adalah wilayah lahan pertanian.

Melihat keadaan ini, merupakan suatu potensi yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar asal dengan adanya inisiatif dan pengolahan yang baik.

Adalah Nandang Nur Fajar salah seorang warga cikapol sekaligus sebagai ketua RW Kp. Cikapol mempunyai gagasan dan ide untuk memaksimalkan potensi yang ada terutama dalam bidang pertanian untuk kesejahteraan masyarakat dengan membentuk kelompok masyarakat yang berkonsentrasi dalam pemanfaatan lahan pertanian dan lahan pekarangan warga untuk bisa memberikan hasil yang maksimal, maka di bentuklah gagasan Kampung Hejo.

Dengan dukungan dari para RT, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur masyarakat lainnya maka pada hari rabu,20/11-2019 diresmikanlah gerakan “KAMPUNG HEJO”. Dalam acara ini dihadiri oleh camat kecamatan Rajapolah, kepala desa Rajamandala, unsur TNI,Polri, BPP, PLKB, unsur akademisi, organisasi kemasyarakatan, para tokoh masyarakat, serta unsur masyarakat lainnya dan dihadiri pula oleh masyarakat kampung Cikapol.

Peresmian Kampung Hejo ini ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh camat kecamatan Rajapolah,kepala desa Rajamandala, BPP Rajapolah, PLKB,TNI dan Tokoh masyarakat setempat.

Camat Rajapolah Yana Heryana dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan dukungannya dalam gerakan Kampung hejo ini, beliau juga berjanji akan mensuport gerakan ini secara maksimal,”ucap Camat.

Sementara Plt kepala desa Rajamandala Asep Yudi Koesnadi menyambut gembira dan akan ikut mensukseskan gerakan ini sehingga bisa memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Nandang Nur Fajar sebagai penggagas dan inisiator Kampung Hijau ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendorong terlaksananya gerakan KAMPUNG HIJAU ini, beliau berharap dengan adanya gerakan ini akan tercipta kehidupan masyakat yang berbudaya selaras dengan alam sehingga bisa memberikan penghidupan yang lebih baik terhadap masyatakat,”katanya.

Berharap Kampung Hijau Cikapol ini menjadi tujuan kunjungan dalam bidang wisata agro dan budaya, karena kalau melihat potensi dan keadaan alam yang ada akan sangat membantu terealisasinya tujuan tersebut. Kedepannya diharapkan kampung hijau ini menjadi kampung yang nyaman dengan aneka rupa tanaman dan setiap halaman penduduk akan dipenuhi denga tanaman sayur,taman obat dan lain-lain,”pungkasnya.

Jurnalis : Anton

Flag Counter