Fokus Cianjur Sosial

Polri Peduli Penghijauan Telah dilaksanakan Penanaman Pohon dalam rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia

FOKUS CIANJUR. (Fp) – Polri peduli pe.ghijauan penanaman pohon dalamrangka hari sejuta pohonsedunia yang di laksanakan Kp. Ciharum Ds. Sukamekar Kec. Sukanagara Kab. Cianjur, Telah berlangsung Kegiatan Polri Peduli Penghijauan Telah dilaksanakan Penanaman Pohon dalam rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Kegiatan Penanaman Pohon Tersebut dipimpin oleh Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Muluana SI.K., MI.K. dan diikuti oleh sekitar 200 Orang peserta yang terdiri dari Perwakilan Fokopimda, Muspika, Dinas instansi terkait.

Lokasi penanaman pohon di tanah/lahan milik perhutani yang berlokasi di Kp. Ciharum Ds. Sukamekar Kec. Sukanagara Kab. Cianjur dengan *luas lahan 6 Ha* petak 38 C.

Jumlah dan Jenis pohon yang ditanam dilokasi tersebut sejumlah 3750 pohon* antara lain : Tanaman pokok 2000 pohon pinus perhutani Tanaman pengisi sejumlah 1750 pohon suren. Dengan ukuran jarak tanam pohon seluas 4×4 meter persegi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut :
Wakapolres Cianjur / Kompol. Jaka Mulyana, SIK, M.IK, Kabag Sumda / Kompol. Agus Sutoni, Kasat Intelkam / AKP. Jayudin, SH, Kasat Lantas / AKP. Ricky Adi P, SH, SIK, Kasat Reskrim / AKP. Niki Ramadhan, SH, SIK, Pengurus Bhayangkari/ Polwan jjrn Res Cianjur, Para Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Kasdim 0608 / Mayor. Inf. Suntoro, Kasubdenpom / Kapten. Cpm. Amir, Kakorum Yon Raider 300 / Kapten.Inf. Sakaro, Yon Armed 5 / Lettu. Arm. Ihwan, BNNK Cianjur /Iwang Giwangkara, DPRD Cianjur / Deden Nasihin F. Golkar, Adm. Perhutani KPH Cianjur Ir. Mulyadi, MSC, Bhabinkamtibmas /Bhabinsa, Ormas Sahabat Polisi, Bela Negara, PP, Laskar NKRI, Perwakilan Siswa/Siswi Pelajar, Komunitas Peduli lingkungan.

Adapun Susunan ini Acara sebagi berikut:
1. Pembukaan
2. Pembacaan Doa
3. Sambutan – Sambutan :

Kapolres Cianjur yang diwakili oleh Wakapolres, Terima kasih banyak kepada Forkopimda, Dinas Instansi Ormas serta para Tamu undangan yang telah dapat hadir dalam kegiatan acara ini, Acara penghijauan ini merupakan program dari Kapolri. Kapolres Cianjur dan ketua Bhayangkari yang seyogyanya mempimpin acara ini melakukan kegiatan penanaman pohon di Cikeas Bogor sehingga untuk acara penghijauan yang dilaksanakan di tiap-tiap kabupaten di serahkan kepada Wakapolres Cianjur. Amanat Kapolres Cianjur mengingatkan kita semua sejuta pohon sebagai bentuk kecintaan kita kepada bumi dan lingkungannya kita sadari keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan dan menyediakan kebutuhan pangan ketersediaan air sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk hasil oksigen dan keanekaragaman hayati. Penanaman yang sudah dilaksanakan di Polres Cianjur adalah Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 8.042 pohon meliputi di lahan Polri 990 pohon di lahan non peri sebanyak 7.132 pohon Adapun luas lahan yang telah ditanam adalah 76862 M² dengan rincian di aset Polri seluas 3310 M² aset non Polri 73552 M². Hutan yang rusak tidak dapat lagi berfungsi sebagai pengatur Tata air bagi kehidupan kita harus kita berikan untuk masa depan bumi dan generasi muda kita harus segera rehabilitasi hutan dan lahan yang rusak hentikan penebangan liar tindakan illegal logging dan hukum pelakunya. Merawat pohon yang sudah kita tanam dan perawat sampai besar mudah-mudahan berguna bagi kehidupan kita kedepannya,”ujarnya.

Dalam sambutannya, selanjutnya oleh di wakili oleh asda 111 pengkab cianjur
Permohonan maaf disampaikan dari Bupati Cianjur yang belum dapat hadir dalam kegiatan acara ini dan mewakilkan saya sebagai asisten. Kami Pemerintah Kabupaten Cianjur mengucapkan apresiasi dan berterima kasih kepada Polres Cianjur yang telah menyelenggarakan penanaman pohon di Kabupaten Cianjur kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan menyediakan hasil hutan kebutuhan pangan ketersediaan air serta sumber energi penghasil oksigen sebagai kebutuhan makhluk hidup yang ada di bumi ini. Tokoh agama LSM masyarakat meminta membantu mensosialisasikan pentingnya pelestarian hutan tumbuh kan.

Jurnalis : Tomi

Flag Counter