Fokus Cilegon Seni dan Budaya Sosial

Warga Lingkungan Ramanuju Baru Kota Cilegon Percantik Kampungnya dengan Berbagai Lukisan

FOKUS CILEGON. (Fp) – Kota Cilegon sebagai kota industri tak mau ketinggalan dengan tren warna warni penuh karya lukis.yang terletak di Lingkungan Ramanuju Baru, RT 04/09, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon. Kampung Lukis, begitu warga menyebutnya. Selasa (28/01/20).

Kampung ini dipenuhi berbagai macam karya lukis. Tak ketinggalan lukisan bertema budaya juga ada di sana.

Awalnya Ramanuju hanya sebatas kampung biasa sebelum menjadi wilayah yang penuh karya lukis. Namun, sejak beberapa bulan yang lalu, kampung itu perlahan mulai dipenuhi lukisan, saat ini, hampir semua rumah di penuhi lukisan.

Kampung Lukis Ramanuju Baru kelurahan Citangkil Kecamatan Citangkil Kota Cilegon tersebut sudah eksis sejak 2018 yang lalu, dimana berawal dari ide kreatif warga masyarakat untuk memperindah lingkungan tempat tinggalnya. Serta memberikan wadah bagi para pemuda dalam berkreasi, berinovasi dan bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat masyarakat khususnya pada bidang seni lukis. Selain itu untuk meningkatkan kekompakan dalam menjalin silaturahmi antar warga.

“kami selaku pemerintah Kota Cilegon sangat mendukung kegiatan Volunteer Day yang telah di fasilitasi oleh PT Dow Indonesia dan LSM Rekonvasi Bhumi, dimana akan dilakukan pengecetan bersama sebagai upaya penguatan kampung lukis ini, serta akan diberikanya simulasi-simulasi kepada warga mengenai program kampung bersih yaitu kegiatan 3R (Reuse, Reduce dan Recycling), urban Farming dan pemanfaatan limbah Industri” ucapnya Walikota Cilegon H. Edi Ariadi.

Upaya dan kerjasama kampung lukis Ramanuju Baru telah berkembang menjadi salah satu Spot Wisata karena memiliki daya tarik untuk di kunjungi oleh wisatawan. Hal ini patut di banggakan karena selain menambah potensi wisata di Kota Cilegon, kampung lukis ini memberikan manfaat ekonomi kepada warga sekitar dengan membuka peluang usaha dan mengembangkan UKM lokal.

“kami berharap seluruh warga masyarakat dapat memanfaatkan momen berharga ini dengan menyerap ilmu pengetahuan dan wawasan sehingga pada akhirnya dapat memantapkan dan mengembangkan lagi eksitensi kampung lukis Ramanuju Baru ini” harapnya Walikota Cilegon.

Jurnalis : Aan.SGT

Flag Counter