Fokus Kab Tasik Pemerintahan

Dengan Tema”Semangat Musrenbang Kita Wujudkan Masyarakat Kadipaten Yang Maju dan Sejahtera,” Kec.Kadipaten Gelar Musrenbang

FOKUS KAB TASIK . (Fp) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang ) dengan mengambil tema,” Semangat Musrenbang Kita Wujudkan Masyarakat Kadipaten yang Maju dan Sejahtera,” Kecamatan Kadipaten gelar Musrenbang tahun 2021, yang bertempat diaula Kecamatan Kadipaten Kamis (13/02/20).

Acara musrenbang tersebut di hadiri Tim Monitoring tingkat kabupaten Tasikmalaya, Dadang Rahmat Al Faruq , S.Pd,i, MH, Acep S.Ip, Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Komisi III , Asep Nurcahyo Camat Kadipaten, Mayor Inf Deni Zenal Mutaqin S.Sos Danramil 1204/Ciawi, AKP Arustiana Kapolsek Kadipaten, MUI Kecamatan, kepala Desa se-Kecamatan Kadipaten, BPD, Para pendamping kecamatan dan Desa, serta Tokoh masyarakat.

Hj.Sri Hayatin ,SE.MH, Sekmat Kecamatan Kadipaten selaku panitia musrenbang dalam sambutannya menjelaskan bahwa maksud diselenggarakan kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini tiada lain sebagai tindak lanjut dari kegiatan musrenbang tingkat desa untuk menentukan skala prioritas kegiatan di tingkat kecamatan yang akan diusulkan ke tingkat kabupaten untuk tahun anggaran 2021.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang sinergis dan terpadu antara perencanaan di desa, di kecamatan dan dengan perencanaan pembangunan Kabupaten Tasikmalaya,”terangnya.

Sementara Asep Nurcahyo Camat Kadipaten mengatakan kegiatan musrenbang ini untuk usulan Tahun 2021, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), dalam pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Musyawarah Perencanaan Pembangangunan (Musrenbang) merupakan salah satu tahapan dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran di daerah,”katanya.

Lanjut Asep rencananya kami sudah menguslkan rehap kantor kecamatan, mudah-mudahan tahun ini bisa terwujud minimal di perubahan anggaran, untuk yang lainnya juga kita terus memacu supaya kecamatan Kadipaten tidak tertinggal dengan kecamatan yang lain khususnya masalah pembangunan dalam pembangunan bukan infrastruktur saja terpapar pembangunan sumber daya manusianya pun kita pacu.

“Kami juga sudah melaksanakan program program yang ada yang datangnya dari kabupaten Tasikmalaya, dan Pemerintah Pusat, seperti monitoring pembagian sembako kepada KPM, monitoring rumah tidak layak huni, monitoring Sumber Daya manusia ( SDM), monitoring bidang Pendidikan, dan di bidang kesehatan kita bekerjasama dengan pihak Puskesmas, program kampung ODF, mencegah stunting dll.

Berharap kecamatan Kadipaten kedepannya akan lebih maju, karena kecamatan Kadipaten sebagai pintu gerbang kabupaten Tasikmalaya, untuk utara dan berharap potensi potensi di wilayah kecamatan Kadipaten bisa tergali untuk sumber pendapatan masyarakat,” pungkasnya.

Jurnalis : Anton

Flag Counter