FOKUS SUKABUMI Sosial

Pabrik Kosmetik Kino Habis Dilahap Si Jago Merah

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Pabrik kosmetik milik PT Kino Care di Jalan Babakan, Pangleseran, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat (14/2), hangus dilalap si jago merah. Asap tebal membumbung ke udara. Suara sirene meraung-raung mengagetkan warga yang tinggal di sekitar lokasi. “Para pekerja berlarian keluar pabrik, tidak lama api menyambar dari dalam gedung Plan 9,” kata Anwar, warga sekitar, saat ditemui lokasi kejadian.

Kasi Trantib Kecamatan Cikembar, Dading mengatakan, Saat proses memadamkan api, petugas gabungan merasa kesulitan. Lantaran, di lokasi pabrik selain terdapat material yang mudah terbakar, juga banyak cairan kimia. Seperti Alkohol, gas elpiji dan lainnya.”Menurut informasi dari sejumlah karyawan gedung yang terbakar ada di area Plan 9. Dugaan sementara kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting listrik,” ucap Dading.

“Sempat terjadi ledakan hingga lebih dari dua kali. Sekira pukul 17.00 WIB, api masih tetap menyala. Padahal, delapan unit mobil pemadam kebakaran dari Unit Pos Damkar Cibadak, Cisaat, PT GSI, PT SCG dan Unit Damkar dari Kota Sukabumi sudah diterjunkan ke lokasi. Namun kondisi api masih belum padam,” paparnya.

Seorang relawan PMI Kabupaten Sukabumi, Aris mengatakan, sedikitnya empat personil dari PMI Kabupaten Sukabumi telah terjun ke lokasi kejadian untuk berupaya melakukan penanganan akibat kebakaran pabrik tersebut.“Kami datang ke sini menggunakan ambulance. Alhamdulliah, tidak ada korban jiwa, hanya saja berdasarkan laporan dari manajeman pabrik, katanya terdapat lima karyawan yang tengah bekerja mengalami sesak nafas dan satu karyawan mengalami kecelakaan kerja,” katanya.

Sementara ratusan warga berada didekat pabrik menyaksikan api yang berkobar melahap pabrik.

Jurnalis : Rusdi

Flag Counter