Fokus Jakarta Pemerintahan Sosial

Demi Mewujudkan Lingkungan Yang Bersih Sehat dan Nyaman Ke Rw an 09 Cipinang Besar Selatan Gelar Gerebek Jentik

FOKUS JAKARTA. (Fp) – Giat gerebek jentik grebek unggas dilaksanakan di lingkungan Rw 09 kelurahan Cipinang Besar Selatan kecamatan Jatinegara Jakarta timur, Jumat (14/02). Diawali apel bersama dengan dipimpin oleh Kasie ekonomi dan pembangunan, Kepala Puskesmas Cbs 1, dan diikuti oleh ketua Rw serta staf para ketua Rt, Kader Pkk, kader Dasawisma, Kader jumantik, serta Ppsu.

Yossi Rosida SH Ketua Rw 09 mengucapkan terimakasih kepada semua pengurus juga kader yang dapat mengikuti grebek jentik ini semoga dengan adanya giat ini kita semakin semangat dan kompak dalam menangani masalah masalah yang ada di lingkungan kita terutama masalah kebersihan lingkungan,”ucapnya.

Sementara Farida Mkm selaku lurah Cipinang Besar Selatan berpesan agar para pengurus Rw dan Rt, Kader Dasawisma Kader jumantik juga warga saling bersinergi, berkordinasi, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih sehat dan nyaman dimulai dari lingkungan keluarga kita masing masing.
Grebek jentik, grebek unggas ini dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit yang sekarang sudah mulai lagi meningkat kasusnya terutama Demam berdarah maka dilakukanlah serentak grebek jentik dan unggas di lingkungan Rw 09, kami akan melihat langsung ke lingkungan Rt 02 di Rw 09 ini. dan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin yang kami lakukan di 10 Rw yang berada di kelurahan Cipinang Besar Selatan. Senang rasanya bisa melihat lingkungan nya bersih dan warganya sehat sehat,”katanya.

Di tempat yang sama, Drg Sukorini kepala Puskesmas CBS 1 menyampaikan bahwa kami mempunyai inovasi yaitu Cegah DBD dengan sosialisasi membasmi jentik yang disingkat CENDOL DAWET, jadi dengan adanya grebek ini secara tidak langsung kita memberikan edukasi ke warga supaya menjadi jumantik mandiri dirumah masing masing, jadi tidak mengandalkan kader jumantik saja.dan Alhamdulillah jumantik mandiri ini sudah dilaksanakan di Rw Rw lainnya, semoga di Rw 09 ini juga bisa menjadi jumantik mandiri,”pungkasnya.

Ditambahkan, Agus Suwardi S.Sos
Semoga kader jumantik Rw 09 bisa memberikan ilmu nya kepada warga agar jumantik mandiri bisa terlaksana di Rw 09 agar warga bisa melakukan nya dirumah masing masing. Dan kesadaran para warga untuk melakukan PHBS prilaku hidup bersih dan sehat semakin meningkat.
Kami memberikan tenggang waktu 1 minggu lamanya untuk warga yang suda diberikan intruksi untuk membongkar kandang kandang unggasnya dan jika tidak dilaksanakan maka kami yang akan exekusi langsung.

Semoga di tahun depan Rw 09 sudah tidak lagi menjadi kampung kumuh karna adanya
program collaborative implementation plan (CIP) yang akan dilaksanakan tahun depan,”ujarnya.

Jurnalis : Nur Azizah

Flag Counter