Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Pemerintah Kec.Sukaresik Laksanakan Rapat Evaluasi Tentang Penyebaran Virus Corona

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Pemerintah Kecamatan Sukaresik, melaksanakan rapat evaluasi tentang peyebaran virus corona (covid 19), bertempat di gedung Aula Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).

Pelaksanaan rapat evaluasi di ikuti oleh Koramil pagerageung, Polsek Sukaresik, MUI kecamatan Sukaresik, Kepala KUA Kecamatan Sukaresik, seluruh kepala desa se kecamatan Sukaresik, PC KNPI Kecamatan Sukaresik dan elemen masyarakat lainnya.

Opan Sopian, S.Pd., M.Pd, M.Si, Camat Sukaresik usai acara mengatakan kegiatan pada hari ini dalam rangka evaluasi penyebaran virus corona (covid 19), dalam rapat-rapat disampaikan oleh kepala puskesmas bahwa hasil evaluasi dan pantauan di lapangan sampai saat ini belum ada yang terekomendasikan Pasien dalam pantauan (PDP), baru ada orang dalam pantauan (ODP), kenapa ada orang dalam pantauan Karena wilayah kecamatan Sukaresik yang terdiri 8 Desa termasuk masyarakatnya dinamis dia melakukan mobilisasi bukan hanya tahunan, bulanan, tetapi juga mingguan,” ucapnya.

Lanjut Opan dia bisa berangkat ke Bekasi ke Jakarta ke Bandung atau daerah-daerah lain yang sudah menyatakan diri darurat mereka terjadi mobilisasi maka seluruh perangkat wabil khusus terinformasikan dari Puskesmas, kita ini melakukan kegiatan kegiatan pendataan mereka yang datang atau yang pulang lah itu mereka yang datang ke desa di 8 Desa, bisa menyampaikan nanti ke Puskesmas nanti dari pihak pihak Puskesmas akan melakukan pemantauan pemantauan dalam hal ini sesuai SOP yang dilakukan oleh Puskesmas Jadi bukan pemantauan yang sifatnya face to face tetapi
bisa pemantauan dilakukan oleh audio, HP, Watshap dan lain sebagainya. sehingga mereka- mereka yang sekarang ini dalam posisi ODP di kecamatan Sukaresik itu dilakukan pemantauan setiap saat,” katanya.

Lanjut, Opan Sopian menghimbau bagi masyarakat di wilayah kecamatan Sukaresik, umumnya masyarakat kabupaten Tasikmalaya, dan masyarakat Indonesia dan masyarakat Dunia, untuk selalu membersihkan diri perbanyak wudhu, berdoa , serta hindari kerumunan masa, hindari kontak langsung dengan mereka yang sedang diberi musibah flu, pilek demam dan sebagainya hindari. dengan semata-mata bukan menghindarkan silaturahmi tetapi semata-mata untuk menjaga eksistensi kehidupan kita keimanan kita dan ibadah kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya.

Sementara Asep Hermawan S.Km, kepala UPT Puskesmas Sukaresik menambahkan kalau untuk sosialisasi tentang virus corona (covid 19) sudah sering kami laksanakan, sekarang ini evaluasi dari semua stakeholder yang ada di wilayah kecamatan Sukaresik, untuk antisipasi pendataan pendatang baru khususnya orang dari dearah yang terpapar setelah ada data kita langsung memberikan informasi untuk observasi di rumah masing -masing selama 14 hari, kalau ada keluhan sebagainya segera menghubungi puskesmas dan petugas dari puskesmas akan mengunjungi orang yang di observasi tersebut,” katanya.

Lanjut Asep untuk di puskesmas Sukaresik sendiri ada yang nama tim gerak cepat Covid 19, terdiri dari penangung jawab kepala UPT Puskesmas, Dokter termasuk pelaksana tugas dan termasuk petugas petugas puskesmas,”tandasnya.

Asep berharap untuk di wilayah kecamatan Sukaresik, sesuai harapan semua tidak ada yang terjadi hal hal yang diharapkan, salah satunya kami terus bekerjasama dengan semua stekolder yang ada di kecamatan Sukaresik,”pungkasnya.

Setelah rapat evaluasi para Muspika, kepala Puskesmas beserta petugas, ketua Apdesi kecamatan Sukaresik, dan elemen masyarakat KNPI dan Persis, di lanjutkan keliling seluruh wilayah desa, yang berada di wilayah kecamatan Sukaresik.

Jurnalis : Anton

Flag Counter