Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Walaupun Dilengkapi Peralatan Seadanya. Pemerintah Kecamatan Jamanis bersama Puskemas Dirikan Posko

FOKUS KAB TASIK.( Fp) – Hasil dari senergitas antara Pemeritah kecamatan Jamanis, bersama semua unsur yang ada, yang selalu gencar dalam sosialisasi pencegahan wabah virus corona (covid 19) di wilayah kecamatan Jamanis, dari mulai kemarin, Rabu (25/3/20), mendirikan tenda atau posko khusus bagi para warga yang datang / bekerja dan tamu dari luar daerah Tasikmalaya.

Winardi Hidayat ,S.Ip, M.Si, Camat Jamanis, kamis (26/3/2020) di ruang kerjanya menjelaskan Alhamdulillah berkat sosialisasi bersama unsur Muspika, Puskesmas, MUI dll, kepada masyarakat di wilayah Jamanis tentang bahaya penyebaran/penularan virus corona (covid 19).Sekarang warga masyarakat Jamanis apabila ada keluarganya, temannya atau pun tamu dari luar daerah Tasikmalaya, terutama daerah yang di anggap zona merah di himbau kepada masyarakat untuk memeriksakan kesehatan nya lebih dulu ke puskesmas terdekat apakah sehat atau tidak,” ucapnya.

Lanjut Winardi dampak dari itu tentunya banyak warga masyarakat yang datang ke puskesmas terutama dari luar daerah Tasikmalaya meminta untuk di periksa kesehatannya sehingga puskesmas Jamanis sampai kewalahan, disamping itu untuk pemeriksaan kepada orang luar daerah tentu harus ada ruangan khusus artinya tidak di satukan dengan pelayanan kesehatan dengan ruangan yang selama ini berjalan. Dengan Atas dasar alasan itu kami beserta kepala puskesmas berkoordinasi dan memutuskan untuk mendirikan tenda atau posko khusus bagi para warga yang datang dari luar daerah Tasikmalaya yang meminta pemeriksaan kesehatan dirinya. Posko ini di jaga oleh satu orang dokter dan tiga perawat beserta tim adminitrasi dan walaupun dengan di lengkapi peralatan pelindung seadanya mungkin yang penting tenaga medis terlindungi,” tandasnya.

Winardi berharap mudah-mudahan posko ini bisa membantu masyarakat dan tentunya melindungi khususnya masyarakat Jamanis dalam penularan virus corona yang mungkin di bawa oleh warga dari luar Tasikmalaya,”pungkasnya.

Sementara Hani Hariri S.Kep, Ners.M.MKes, Kepala UPT Puskesmas Jamanis, menambahkan posko kesehatan ini di dirikan dalam rangka mengantisifasi pembeludakan pendatang dari luar kota yang masuk ke wilayah kecamatan Jamanis, karena dalam satu minggu ini pasien makin banyak terutama pasien pasien yang datang dari luar kota,” katanya.

Masih menurut Hani Sedangkan pelayanan kami hanya satu pintu makanya dalam mengantisifasi penularan kepada masyarakat pasien yang ada di daerah, khususnya bagi pendatang akan deteksi suhu badan terlebih dahulu selanjutnya ditanya darimana datangnya dan pulang darimana, untuk suhunya tinggi di atas 37 diperiksanya di posko tetapi kalau suhunya tinggi tidak kemana – kemana atau tidak datang dari luar kota masuk ke perawatan biasa,”ujarnya.

Hani berharap khususnya masyarakat kecamatan Jamanis terhindar dari wabah virus corona baik yang datang atau pun yang disini,”pungkas Hani.

Jurnalis : Anton

Flag Counter